Sabtu, 26 November 2011

MANAGING PEOPLE

Lebih mudah mengatur barang daripada orang. Slogan yang sering kita dengar ini adalah sebuah bentuk pernyataan umum yang menjadi kepercayaan banyak orang.

Memang kalau kita perhatikan barang dengan orang adalah suatu objek  yang berbeda. Barang adalah benda mati sedangkan manusia adalah makhluk hidup. Karena manusia dan barang pada hakekatnya berbeda, maka proses perlakuan kedua objek ini pasti berbeda.

Mengatur orang adalah suatu bentuk seni dan pengetahuan. Karena mengatur orang adalah pekerjaan yang membutuhkan “sentuhan khusus” tetapi dapat dilatih atau dikembangkan.  Sebenarnya jika kita ingin mengatur orang maka kita harus mampu mengatur diri terlebih dulu. Mengapa bisa demikian ? Karena pada saat kita mengatur diri dengan benar, maka prinsip-prinsip manajemen dan kepemimpinan sebagian besar telah kita kuasai dan praktekkan. Sehingga prinsip-prinsip ini akan menjadi landasan yang kuat untuk kita mengatur orang lain.       

Pada saat kita telah mampu mengatur diri, maka kita berhak dan layak mengatur orang lain. Kepemimpinan yang hanya bisa mengatur orang tanpa dapat mengatur dirinya akan menjadi kepemimpinan yang arogan dan merusak.

Prinsip-prinsip kepemimpinan dalam mengatur orang lain adalah sebagai berikut :

1.      Sentuh hatinya baru kemudian pimpin orangnya.

Orang yang sudah disentuh hatinya akan lebih mudah dipimpin dan diatur. Banyak orang yang merasa hanya dijadikan objek, karena mereka melayani atau bekerja tanpa diperhatikan dan dicintai. Sehingga mereka lebih sulit diatur dan dipimpin.

2.      Ciptakan Visi, Misi ,Nilai-nilai,Job Desc yang jelas

Orang akan lebih mudah diatur jika ada tujuan yang jelas, misi yang jelas dan nilai-nilai yang dipatuhi bersama. Pada saat arahnya sudah jelas maka sang kapten akan lebih mudah mengatur anak buah kapal dan penumpang.

3.      Bangun Kedibilitas yang kuat

Pemimpin yang kredibel lebih mudah mengatur pengikutnya. Kredibilitas pemimpin dapat dilihat dalam kepercayaan pengikutnya, keterampilan yang dia miliki, dan karakter yang teruji. Semua itu akan membuat orang mudah mengikuti dan diatur oleh sang pemimpin.

4. & 5 baca lanjutannya di MANAGING PEOPLE 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.