Kamis, 10 Mei 2012

Miskin Harta namun Kaya Hati

Jemaat Makedonia: Miskin Harta namun Kaya Hati (2 Korintus 8:1-15)

Tahukah Anda bahwa nilai kekayaan terbesar dalam hidup seseorang sebenarnya tersimpan di dalam hatinya? Kekayaan bukanlah berapa banyak yang kita miliki melainkan berapa banyak yang kita telah berikan dari hidup kita bagi Tuhan dan sesama kita.
Bukankah banyak orang yang memiliki “banyak” tetapi memberi “lebih sedikit”, dan banyak orang yang mempunyai “lebih sedikit” tetapi mampu memberi “lebih banyak” dibanding apa yang mereka miliki? Apa yang membedakannya? Ini merupakan persoalan “keadaan hati”. Banyak orang mungkin saja “kaya harta” namun “miskin hati”, sedangkan banyak orang bisa saja “miskin harta” namun ‘kaya hati”. Tetapi lebih berbahagia lagi kalau seseorang “kaya harta” dan “kaya hati”.
   
Jemaat Makedonia adalah jemaat yang masuk kategori menengah ke bawah, bahkan rasul Paulus menuliskan dalam ayat 2-5 tentang kehidupan jemaat makedonia:
-    Mereka berada di dalam masa pencobaan yang berat
-    Mereka berada di dalam situasi penderitaan
-    Mereka berada dalam keadaan ekonomi yang “sangat miskin”
-    Namun mereka “kaya dalam kemurahan”
-    Mereka memberi menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka, dan memberi lebih banyak dari yang diharapkan

Apa rahasianya Jemaat Makedonia Miskin Harta namun Kaya Hati?

1.    Jemaat Makedonia menyadari bahwa pelayanan adalah kasih karunia Tuhan (ayat 4) dan memberi bagi pekerjaan Tuhan berarti mengambil bagian dalam kasih karunia Tuhan.

2.    Jemaat Makedonia memberi hidupnya kepada Allah dan pelayanan pekerjaan Tuhan (ayat 5). Jika hidup sudah diberikan sepenuhnya untuk Tuhan, apa susahnya memberi materi untuk pekerjaan Tuhan?

3.    Karena mereka sungguh menyadari arti dari kasih Kristus yang berkorban (ayat 9)

4.    Jemaat Makedonia adalah jemaat yang memiliki “mentalitas kelimpahan”. Mereka tidak pernah terfokus kepada apa yang mereka miliki tetapi apa yang dapat mereka berikan dan lakukan untuk Tuhan melaui pekerjaan Tuhan.

Bagaimana dengan Anda???



Penulis: Pdt. Deisy Grace Podengge S, MA. 
Beliau adalah seorang Hamba Tuhan yang senang anak-anak Tuhan untuk bertumbuh maksimal dalam iman & kedewasaan rohani. Saat ini melayani bersama suami (Pdt. Iwan Siahaan, MA) menggembalakan di GSJA CWS EKKLESIA Hayam Wuruk dan juga sebagai staf Pastoral di GSJA CWS Kenanga 06.00. Beliau juga melayani sebagai seorang penyiar Radio Gracia AM 720 Jakarta

Sumber: http://www.gsjadki.org/2012/05/miskin-harta-namun-kaya-hati.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda.